SATPOL PP KAB. WAJO

Wednesday, April 10, 2013

PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DASAR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WAJO TAHUN ANGGARAN 2013

A.    LATAR BELAKANG
Dalam struktur organisasi Pemerintah Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) adalah salah satu dari sedikit unit kerja Pemerintah daerah yang tidak memiliki wewenang untuk membuat kebijakan. Setiap kegiatan penertiban Satpol PP merupakan konsekuensi dari suatu kebijakan yang disusun oleh dinas tata kota dan dinas lainnya yang kemudian ditetapkan oleh pimpinan daerah disetiap level pemerintah yaitu Gubernur, Bupati/Walikota, dan Kecamatan. Satpol PP merupakan unit kerja yang tidak memiliki privilege untuk mempertanyakan validitas suatu kebijakan kepada pimpinan daerah. Target mereka adalah melaksanakan tugas yang diberikan untuk mencapai ketertiban sipil.
Satpol PP sebagai unsur utama Sumber Daya Manusia Aparatur mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok Satpol PP yang mampu memainkan peran tersebut adalah Satpol PP yang mempunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermoral, bermental baik, professional, dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
Untuk dapat membentuk sosok Satpol PP tersebut diatas, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dasar yang mengarah kepada upaya peningkatan:
1.    Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, Negara, dan tanah air.
2.    Melaksanakan tugas Penegakan Peraturan Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
3.    Efisiensi, efektifitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab yang tinggi.
Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 38 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja bahwa ketentuan Pasal 16 huruf f Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2010 Tentang Satuan Polisi Praja mengamanatkan persyaratan untuk diangkat menjadi Polisi Pamong Praja lulus Pendidikan dan Pelatihan Dasar Polisi Pamong Praja.

B.    DASAR PELAKSANAAN
Pelaksanaan Pendidikan Dasar Satpol PP Kabupaten Wajo didasarkan pada :
1.    Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);
2.    Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 1993);
3.    Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);
4.    Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4745);
5.    Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 9, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4428);
6.    Peraturan Menteri Dalam Negeri No.38 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja
7.    Peraturan Menteri Dalam Negeri No.54 Tahun 2011 Tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja
8.    Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Daerah yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Wajo (Lembaran Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2008 Nomor 4)
9.    Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Tekhnis Daerah Pemerintah Kabupaten Wajo (Lembaran Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2008 No.7), sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan peraturan Daerah Kabupaten Wajo No.7 Tahun 2012 (Lembaran Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2012 No.56)
10.    Peraturan Daerah Kabupaten Wajo No. 19 Tahun 2012 tentang Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2013 (Lembaran Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2013 No.73) Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) SKPD Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo No. : 1.20……….dst
11.    Keputusan Bupati Wajo No. ………/KPTS/IV/2013 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja dan Penunjukan Instruktur/Narasumber pada Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo Tahun 2013

C.    TEMA
Tema Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo adalah :
MENCIPTAKAN PERSONIL SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WAJO YANG PROFESSIONAL DALAM MENGAWAL KEHIDUPAN BERDEMOKRASI DENGAN PRINSIP YASSIWAJORI

D.    TUJUAN DAN SASARAN
a.    Tujuan Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo adalah :
1.    Meningkatkan profesionalisme Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam melaksanakan penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
2.    Menanamkan kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki wawasan yang luas untuk melaksanakan tugas umum dibidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.
3.    Meningkatkan pengetahuan keahlian dan/atau keterampilan serta pembentukan sedini mungkin kepribadian Satuan Polisi Pamong Praja dengan memantapkan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan perlindungan pada masyarakat.
b.    Sasaran Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo adalah tersedianya Satuan Polisi Pamong Praja yang professional dalam rangka penegakan peraturan daerah dan keputusan bupati serta dalam rangka pembinaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

E.    PESERTA PELATIHAN
Kegiatan pelatihan dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo ini diikuti oleh 32 orang personil

F.    SUBSTANSI MATERI DAN INSTRUKTUR/NARASUMBER
a.    Substansi Materi :
1.    Tupoksi Satuan Polisi Pamong Praja
2.    Pengetahuan Baris Berbaris
3.    Patroli dan Penjagaan
4.    Pengawalan
5.    Penangkapan/Penggeledahan dan Interogasi
6.    Olahraga
7.    Tata Upacara Sipil
8.    Pengenalan Unsur Pimpinan
9.    Teknis Penegakan Perda dan Perbup
10.    Teknik Penanganan Tempat Kejadian Perkara
11.    Pengetahuan Dasar Hak Asasi Manusia
12.    Hak dan Kewajiban Warga Negara Dalam Mata Hukum
13.    Tata Urutan Perundang-undangan
14.    Pengetahuan Dasar SAR
15.    Kerjasama Team/Out Bound
16.    Pengamanan VIP Protokoler
17.    Prosedur Pembinaan Kantibmas Swakarsa
18.    Pengendalian Massa/Negosiasi Unjuk Rasa
19.    Sikap dan Perilaku Aparatur
20.    Posisi Pemerintah Kabupaten Wajo dalam bingkai Otonomi Daerah
21.    Pembaretan/Penutup
b.    Instruktur/Narasumber
1.    Bupati Wajo
2.    Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo
3.    BKDD
4.    Polres Wajo
5.    Kodim 1406 Wajo
6.    Kejaksaan Negeri Sengkang
7.    Kantor Pengadilan
8.    Satuan Polisi Pamong Praja

G.    BIAYA, WAKTU, DAN TEMPAT
a.    Biaya
Kegiatan ini biayanya dibebankan pada Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2013 DPA No.Rek. : 1,20.0……….
b.    Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakan pada tanggal 22 April – 28 April 2013
c.    Tempat
Lokasi Pelatihan adalah di Kompleks Perumahan Adat Atakkae



H.    PENUTUP
Diharapkan melalui Pelatihan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo Tahun 2013 ini dapat dijadikan pedoman dan petunjuk bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wajo dalam penyelenggaraan penegakan peraturan daerah dan pembinaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.


                            Sengkang, 4 April 2013
                            Kepala Satuan Polisi Pamong Praja
                            Kabupaten Wajo




                            Drs. Andi Budi Agus, MH
                            NIP. 19600817 199103 1 009
                            Pangkat : Pembina Tingkat I

No comments: